Minggu, 03 Februari 2013

Mahasiswa Baru ?




Mahasiswa Baru – Itu adalah title yang ane dapetin sekitar 1 tahun yang lalu (Sekarang ane menjadi mahasiswa Semester 3 Jurusan Manajemen, FEB Universitas Brawijaya, Malang). Title Maba itu ane terima setelah melakukan dan merasakan  pengalaman ospek yang bercampur aduk #tumplek blek menjadi satu: nyenengin, ngangenin, ngeselin, ngrepotin, dll. Pada tanggal 12 September 2011, akhirnya tibalah juga yang namanya merasakan bangku kuliah, hal-hal yang biasa terjadi di lingkungan kampus saat awal maba tersebut adalah “ KAMPUS MENDADAK RAMAI DI PAGI-PAGI BANGET ” yaa setidaknya jam 7 kurang 15 menit tuh dah sepiiii banget @luar kampus. Hal ini bisa dianalisis bahwa para maba masih takut ama yang namanya telat, ntar kalo dah 2 mingguan, ato setidaknya para maba sudah mengenal karakteristik masing2 dosen, keadaan kampus akan kembali seperti semula, banyak perokok berat dan ringan, yang aktif maupun pasif berjejeran dan bergerombolan di sekitar kampus, walaupun dah jam 7 atau bahkan lebih, hehehe…. Dasar mahasiswa !!! :DDDD

Nah, di dalam bangku perkuliahan, kita nanti akan bertemu dengan kawan-kawan baru, para pendidik atau dosen yang baru tau, dsb. Biasanya di pertemuan pertama adalah perkenalan dan membuat komitmen perkuliahan selama 16 kali tatap muka antara dosen dan mahasiswanya. Selain itu pula, ada beberapa dosen yang menanyakan beberapa hal, baik dari segi teori atau sekedar intermezzo. Dan di bawah ini akan ane jabarin beberapa pertanyaan yang dikeluarkan oleh dosen dan disertai jawaban teman2 ane dan sedikit kesimpulan.. Silahkan disimaakkk..!!!


1. Apa bedanya siswa dan mahasiswa?

Pertanyaan ini muncul dan beberapa menit ke depan muncul suatu kesunyian… krikkk krikk kriikk krikk, hingga muncul suara-suara lirih yang seolah2 pengen njawab dengan suara yang super duper lirih banget pake pol:

_pola pikir’nya_  _cara belajarnya_  _mahasiswa itu jauh lebih santai dan bebas_  _lebih dewasa dan bijkasana_ _dan masiiihh banyak lagi jawaban2 yang semakin lama semakin mengarah pada ketidakpastian_

===>  Setelah para mahasiswa yang “sok”  sudah menjadi mahasiswa ini behenti bicara, sang dosen mulai meluruskan jawaban yang ada, widdiihh !!! pada diem semua, dan nunggu jawaban, setelah cukup sunyi, kemudian dosen dengan lantang mengucapkan “yang beda itu PAKAIANNYA (bebas santai X seragam ) dan BUKU CATATANYA (binder yang hanya ganti dalemannya X buku tulis yang berjumlah puluhan)”… GubraaakkKKK, apa2an niiihh ???????? wkwekkeke


2. Apa itu sistem?

Berikut jawaban temen2 ane pada saat itu (kalo gg salah kurang lebih gitu deh):

_sebuah kinerja_   _suatu cara atau proses_   _dan beberapa lagi yang ane dah lupa_

===> langsung saja, Sistem adalah kumpulan dari beberapa sub-sistem / komponen-komponen yang saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain untuk mencapai sebuah tujuan.


3. Apa itu manajemen?

Berikut jawaban temen2 ane pada saat itu (kalo gg salah kurang lebih gitu deh):

_manajemen itu…???? Me’manage hhmmm apa yaa bahasa, ya pokoknya me’manage sesuatu gitu laahh Pakk , hhehehe :) # nyenngirr_

_manajemen itu pengelolaan, jadi mengelola atau mengatur sesuatu menjadi lebih baik_

_saya pak (salah satu (maha)siswa) inggin menjawab, “iya silahkan”, Manajemen adalah ilmu yang mempelajari sesuatu tentang getting thing from the other people, “wwhuuuu…. Hhmmm kejeemm amaatt” #sorak kelas, hahaha.. :DDDD

===> langsung saja, Manajemen adalah suatu proses dengan tindakan-tindakan tertentu *POAC* untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan bantuan orang lain.


4. Apa fungsi-fungsi manajemen?

Jawabannya adalah POAC, yaitu:  _Planning, Organizing, Actuating, Controlling _ ===> Cari sendiri ya maksud’nya, ane lagi males ngetik, hhehe :)


5. kenapa kalian pengen masuk manajemen?

Pertanyaan ini muncul dari seorang dosen yang super gokil dan asik cara ngajar’nya, berikut macam2 jawaban dari temen2 ane waktu itu:

Si A:   _karena saya kelak pengen menjadi pengusaha yang sukses Pak_
Si B:   _hhmm… emang ini pilihan saya Pak, saya ingin mengembangkan usaha kecil2an yang sudah saya jalani ini dengan menerapkan konsep2 manajemen, khususnya marketing_ #setelah beberapa minggu kemudian, ane ketahui ternyata dia punya bisnis online yang tidak boleh disebutin produknya, hhehe
Si C:  _karena saya pengan masuk akuntansi tapi, gak diterima Pak…??? _ #haduuhh kasiiaan amat nih orang, wkekeke

Si D: _kalo saya pribadi sih sebenarnya intinya tu bisa diterima di Universitas Brawjaya, soalnya deket dengan rumah sesepuh saya, eehhh lah kok ketrima di manajemen, Alhamdulillah banget bukan main_

Si E: _karena saya diterima di pilihan ke-3 Pakk, jadinya masuk dini deehh_ #whaattt..??? sumpaaahhh, parah abis nih anak kasihan pake super duper bangeet *bercermin* :~~

0 komentar:

Posting Komentar