Minggu, 24 Maret 2013

Manajemen Kas




Manajemen kas makin dirasakan penting terutama karena tingkat suku bunga investasi jangka pendek yang relatif tingg telah menaikkan biaya peluang (opportunity cost) dari kas yang ditahan oleh perusahaan. Bahkan dengan suku bunga yang lebih rendah, manajemen kas akan tetap penting dengan adanya pasar yang aktif untuk pengambilalihan. Oleh karena itu para manajer keuangan selama ini telah mengembangkan dan mengurangi biaya bunga atas sumber dana luar perusahaan. Yang berkaitan erat dengan fungsi manajemen kas adalah manajemen surat berharga, portofolio dari aktiva yang sangat cair dan mendukung perkiraan atau rekening kas.

Manajemen Kas dan Surat Berharga
Ada beberapa permasalahan yang muncul dalam manajemen likuiditas perusahaan. Masalah pertama adalah bagaimana mengembalikan sistem yang efisien untuk manajemen arus kas masuk dan marus kas keluar. Pemasukan dan pengeluaran kas yang efisien telah menjadi bidang pokok pada manajemen keuangan.

Mengapa Perlu Menahan Kas dan Surat Berharga?
Ada 4 motif yang mendasari perusahaan dan perorangan untuk memiliki kas dan surat berharga, yaitu :
1.      Motif Transaksi
Motif utama menahan kas adalah agar perusahaan mampu menjalankan usahanya sehari-hari, yaitu membeli dan menjual. Pada bidang usaha tertentu dimana saat pemasukan tagihan bias diramalkan (seperti PLN dan PDAM), arus kas masuk bisa dijadwalkan dan diselaraskan dengan kebutuhan arus kas keluar.
2.      Motif Berjaga-jaga
Motif berjaga-jaga (precautionary) untuk menahan kas terutama berkaitan dengan bisa tidaknya arus kas masuk dan keluar diperkirakan. Makin mudah estimasi arus kas, makin sedikit jumlah kas yang ditahan untuk menghadapi keadaan yang tak terduga.
3.      Kebutuhan Masa Depan
Saldo kas dan surat berharga perusahaan suatu saat bisa melonjak tinggi karena dana dikumpulkan untuk memenuhi kebutuhan tertentu di masa yang akan datang.
4.      Kebutuhan Saldo Kompensasi
Sistem perbankan memberikan banyak sekali jenis pelayanan pada dunia usaha. Perusahaan membayar jasa pelayanan ini sebagian dengan cara membayar langsung, dan terkadang sebagian lagi dengan mempertahankan sejumlah dana minimum di bank yang disebut saldo kompensasi. Saldo kompensasi ini berupa sejumlah saldo minimum yang diputuskan untuk tetap berada di bank dalam rekening gironya, dan untuk itu perusahaan tidak perlu membayar jasa pelayanan tertentu kepada bank.

Manfaat Pokok dari Jumlah Kas yang Memadai
Di samping motif-motif umum diatas, manajemen modal kerja yang sehat memerlukan pengelolaan jumlah kas yang cukup untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

1.      Perusahaan perlu memiliki jumlah kas agar bisa memanfaatkan potongan harga dalam pembelian barang. Jadwal pembayaran untuk pembelian sering disebut syarat penjualan (term of sale). Prosedur penagihan yang banyak digunakan, atau disebut syarat perdagangan (term of trade), adalah potongan sebesar 2% akan dikenakan pada tagihan yang dilunasi dalam jangka waktu 10 hari, dan tanpa potongan bisa dilunasi dalam jangka waktu 30 hari. Syarat ini biasanya ditulis 2/10, net 30.
Biaya =
% potongan
x
365
(100 - % potongan)
(hari jatuh tempo - periode potongan)

2.      Karena dalam analisis kredit, rasio lancar (current ratio) dan rasio cair (acid ratio) merupaka tolok ukur yang pokok, perusahaan perlu mencapai standar rasio yang berlaku dalam jenis industrinya. Hal ini penting dalam rangka mempertahankan tingkat kelayakan kredit atau kepercayaan dari pihak kreditor.
3.      Jumlah kas yang memadai akan sangat berguna bagi perusahaan untuk mengambil peluang bisnis yang muncul setiap waktu, seperti tawaran kas khusus oleh pemasok atau akuisisi.
4.      Perusahaan harus memiliki tingkat likuiditas yang cukup untuk menanggulangi keadaan darurat, seperti pemogokan, kebakaran, atau “serangan” dari pesaing melalui program kampanye pemasaran mereka.

Waktu Mengambang
Apabila seorang pelanggan mengirim selembar cek melalui pos, beberapa berlalu sebelum cek tersebut diterima oleh penjual. Waktu tenggang ini disebut waktu mengambang pos (mail-time float). Begitu perusahaan menerima cek, mulailah waktu pemrosesan untuk mengkredit rekening pelanggan dan memasukkan (mengkliring) cek tersebut ke dalam sistem perbankan. Waktu yang diperlukan untuk ini dinamakan waktu mengambang proses (processing float). Jenis ketiga adalah waktu mengambang transit (transit float), yaitu waktu yang dibutuhkan untuk kliring dalam sistem perbankan. Bank, tempat rekening penjual berada, akan bekerjasama dengan bank sentral atau lembaga kliring untuk menguangkan cek tadi. Mekanisme ini telah menjadwalkan waktu yang tersedia untuk cek-cek yang masuk dalam sistem perbankan. Waktu yang diperlukan oleh sistem ini untuk meneruskan informasi yang perlu dalam kliring bisa lebih panjang atau lebih pendek daripada waktu yang tersedia. Jadi, waktu yang tersedia bisa saja disebut waktu kliring.
Sekarang ini telah banyak kemajuan yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan meupun kalangan perbankan dalam rangka menangani proses kliring secara efisien. Ada 3 keputusan pokok yang diperlukan untuk peyempurnaan sistem mobilisasi kas yang efisien. 3 keputusan ini berkaitan dengan (1) pengihan, (2) sistem pengumpulan di Bank, dan (3) metode-metode alternatif dalam mentransfer uang.

Sistem Pengumpulan Kas
Bank pengumpul lokal merupakan tempat pengumpulan tagihan-tagihan di setiap daerah penjualan. Bank ini tidak perlu dibatasi pada kota-kota dimana perusahaan memiliki kantor-kantor penjualan. Bank pengumpul regional digunakan perusahaan untuk menyalurkan dana bagi pengeluaran-pengeluaran perusahaan. Biasanya perusahaan memiliki rekening untuk sebagian besar pada Bank ini.

Mekanisme Transfer
Yang dimaksud dengan mekanisme transfer  adalah sistem pemindahan dana antar rekening pada bank. Ada 3 mekanisme transfer yang pokok, yaitu :
1.      Cek Transfer Deposito (Depository Transfer Checks / DTC).
2.      Cek Transfer Deposito Elektronis (Electronic Depository Transfer Checks / EDTC).
3.      Transfer per kawat (wire transfer).

Cek transfer deposito (DTC) merupakan cek yang dibatasi hanya untuk deposito ke Bank tertentu. DTC adalah cek biasa, kecuali jika ada batasan hanya untuk setoran saja. DTC ini merupakan suatu cara memindahkan dana dari Bank-bank deposito lokal ke Bank-bank pengumpul. DTC ini bisa dibayarkan hanya pada Bank deposito untuk dikreditkan pada rekening khusus perusahaan. Dalam prosedur pengiriman per pos, kantor di daerah membuat DTC dan mengirimkan ke Bank pengumpul regional dengan disertai nota deposito (deposit slip). Bank pengumpul regional ini sering disebut “bank kotak pos”, yang berikutnya akan mentransfer dana ke Bank pusat bersama dengan cek-cek lain yang diterima melalui kotak pos. Bank pengumpul akan mengkredit dana tersebut pada rekening perusahaan, sambil memasukkan cek ke dalam proses kliring. Proses ini berlangsung otomatis, dalam arti manajer keuangan perusahaan tidak perlu setiap kali memintanya. Walaupun demikian tersedianya dana masih dibatasi oleh waktu yang diperlukan untuk pos dan kliring. Gagasan DTC bisa juga muncul dari manajemen pada kantor pusat perusahaan berdasarkan laporan-laporan deposito dari kantor-kantor di daerah dan atau Bank-bank kotak pos, atau berdasarkan jadwal yang telah diatur sebelumnya.
Cek transfer deposito elektronis (EDTC) merupakan sistem transfer gambar elektronik tanpa selebar kertas. Di Amerika, sistem ini dikembangkan oleh Bank Sentral melalui jaringan Badan Kliring Otomatis. EDTC ini menghindari penggunaan pos dan menggunakan waktu kliring sehari kerja yang seragam, dan biasanya gagasan muncul dari manajemen pada kantor pusat perusahaan.
Transfer per kawat (wire transfer) yang dilakukan antar Bank memungkinkan dana yang terkumpul di satu Bank bisa segera digunakan pada Bank lainnya, bahkan dalam menghindari waktu mengambang karena transit.

Perbandingan Biaya-biaya pada Bermacam-macam Sistem Transfer
Pembandingan biaya secara konvensional sekarang ini dilakukan dengan teknik pemrograman yang baru dan lebih canggih. Rumus konvensional yang mencari titik impas dari besarnya uang yang ditransfer adalah sebagai berikut :
S* = ΔCOST / rΔT
dimana :
S*           = Titik impas dari besarnya uang yang ditransfer, yang selebihnya pilihan jatuh pada mekanisme yang lebih cepat dan lebih mahal.
ΔCOST   = Biaya tambahan dari mekanisme yang lebih cepat.
r              = Tingkat suku bunga harian.
ΔT           = Selisih waktu transfer (hari)
Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhitungkan dalam menilai biaya maupun manfaat dari berbagai alternatif sistem transfer. Manfaat suatu sistem tertentu dibanding dengan sistem yang lain mungkin saja relatif kecil bila dikaitkan dengan biaya yang timbul karena mengganggu hubungan yang sudah ada. Trade off (untung rugi) yang berbeda-beda ini ditambah dengan jasa yang diperoleh dari sebagian dana yang ditahan dalam Bank berupa saldo kompensasi, akan memungkinkan penggunaan berbagai mekanisme transfer dalam situasi yang berbeda-beda. Walaupun model-model pengambilan keputusan yang sistematis terus berkembang, namun pertimbangan yang muncul dari manajer keuangan tetap memegang peran penting.

Mengelola Pengeluaran
Mempercepat proses pengumpulan piutang dagang akan meningkatkan posisi kas. Begitu juga halnya dengan memperlambat pembayaran atau pengeluaran., karena ini berarti menahan kas dalam jangka waktu yang lebih lama. Cara yang mudah adalah dengan menunda pembayaran, tetapi ini jelas bisa mengakibatkan kesulitan. Di masa lalu, perusahaan-perusahaan telah menemukan metode-metode yang agak cemerlang yang memperpanjang masa pengumpulan cek mereka sendiri. Metode ini bervariasi dari menggunakan rekening pengeluaran dari Bank-bank yang jauh letaknya, sampai memanfaatkan prosedur pembayaran yang lamban. Tetapi karena praktek-praktek semacam ini biasanya segera dikenali, penggunaannya sangat terbatas.
Salah satu rosedur menunda pengeluaran adalah dengan menggunakan surat wesel (draft). Kalau cek bisa diuangkan dan dibayarkan pada siapa pun yang memegangnya, surat wesel secara teoritis hanya bisa dibayarkan pada pihak yang berhak saja. Wesel ini diajukan pada pembayaran untuk ditandatangani dan kemudian dana disediakan untuk penerima. Baru sesudahnya uang berpindah tangan.

Memanfaatkan Waktu Mengambang
Cek yang dikeluarkan oleh perusahaan belum dikurangkan dari pembukuan bank, sampai cek itu benar-benar diterima oleh bank. Dan ini bisa berjalan beberapa hari. Beda waktu antara saat penulisan cek dengan saat bank menerimanya juga dikenal dengan waktu mengambang (float).

Analisis Beban Bank
Di samping mengurangi waktu yang sebenarnya dibutuhkan untuk mengkliring suatu cek, bank terus berupaya mempertemukan biaya dan pendapatan atas setiap rekening. Salah satu akibat dari penyesuaian ini adalah pengurangan keuntungan yang diperoleh dari pemanfaatan waktu mengambang.

Biaya Manajemen Kas
Kita telah membahas sejumlah prosedur yang dapat dimanfaatkan untuk menekan jumlah saldo kas. Akan tetapi pelaksanaan prosedur-prosedur ini pun bukannya tidak membutuhkan biaya. Sampai seberapa jauh perusahaan harus mengelola kas dengan lebih efisien. Sebagai pedoman umum saja, perusahaan bisa menanggung biaya-biaya ini sepanjang pendapatan merginalnya melebihi biaya marginal.

Pembayaran Elektronik
Pembayaran elektronik adalah suatu sistem transfer kawat yang dioperasikan oleh Federal Reserve System. Sistem ini tersedia untuk mentransfer uang untuk penyelesaian satu hari selama bertahun-tahun, tetapi biaya yang tinggi terbatas penggunaannya hanya untuk jumlah dollar yang besar. Sartoris dan Hill (1989) mencatat bahwa dalam 1986 transaksi kawat hanya 0,11% dari jumlah transaksi, tetapi 78,5% dari jumlah dollar.

Pertukaran Data Elektronik
Sartorin dan Hill (1989) mencatat bahwa infrastruktur untuk EDI telah berkembang dengan pesat. Ada 4 elemen yang terlibat : (1) standar pemformatan, (2) perangkat lunak yang diperlukan, (3) kerangka komunikasi, dan (4) perangkat keras komputer yang relatif berbiaya rendah. Persyaratan kunci untuk EDI adalah pengembangan format data yang diterima secara luas dan standar komunikasi.
Surat Berharga sebagai :
1.      Pengganti Kas
Sebagian perusahaan menyimpan portofolio surat-surat berharga sebagai pengganti saldo kas yang berlebihan, dan kemudian mencairkan sebagian portofolio untuk menambah kas pada saat arus kas keluar melebihi arus kas masuk.
2.      Investasi Sementara
Selain penggunaan surat berharga sebagai penyangga untuk menghadapi kekurangan kas, perusahaan-perusahaan juga memanfaatkannya secara sementara.

Kriteria Pemilihan Surat Berharga
1.      Resiko Keuangan
Makin besar fluktuasi harga dan hasil bunga suatu surat berharga, makin besar resiko keuangannya. Perubahan harga surat berharga (baik dalam besarnya maupun frekuensinya) sangat dipengaruhi oleh banyak faktor. Makin besar fluktuasinya, makin tinggi juga resiko kerugian yang diderita.
2.      Resiko Suku Bunga
Perubahan yang terjadi pada tingkat bunga akan membuat nilai surat berharga berfluktuasi. Hal ini berlaku terutama pada surat-surat berharga seperti wesel atau obligasi yang mengandung tingkat bunga tetap. Pada umumnya, makin pendek waktu jatuh tempo surat hutang, makin kecil fluktuasi harganya.
3.      Resiko Daya Beli
Perubahan harga-harga umum akan berpengaruh pada daya beli hutang pokok maupun hasil bunga investasi dalam surat berharga. Total pengembalian yang diperoleh dari surat berharga akan diukur dengan keuntungan atau kerugian modal, ditambah hasil bunganya.
4.      Resiko Likuiditas
Kemungkinan turunnya  harga pasar surat berharga, bila surat tersebut dijual, merupakan resiko kemudahan pencairan atau dijual kembali yang terkandung pada surat berharga tersebut.
5.      Beban Pajak
Pengenaan pajak atas portofolio surat berharga yang dimiliki perusahaan sangat dipengaruhi oleh posisi keseluruhan perusahaan terhadap pengenaan pajak. Perusahaan yang beberapa tahun sebelumnya mengalami kerugian dan kerugian ini bisa terus terbawa dalam penentuan pajak, bisa menghindar dari pengenaan pajak.
6.      Hasil Pengembalian dari Surat Berharga
Kaidah umum menyatakan : makin tinggi resiko, makin tinggi keuntungan yang diinginkan. Jadi, dalam penyusunan portofolio surat berharga perusahaan, untung rugi antara resiko dan hasil haruslah dipertimbangkan. Karena yang merupakan motif untuk memiliki surat berharga adalah pengamanan terhadap arus kas yang masuk dan arus kas yang keluar yang tak pasti dan berfluktuasi.

Harga Surat Berharga yang Dijual dengan Dasar Potongan
Sejumlah surat berharga dijual atas dasar potongan. Kaitan antara potongan dengan harga akan digambarkan dengan contoh U.S. Treasury Bills yang jatuh tempo kuran dari 1 tahun. Perhitungan ini didasarkan pada jumlah hari sampai jatuh tempo yang sesungguhnya, yaitu 360 hari dalam 1 tahun. Persamaan berikut ini digunakan untuk menghitung dasar potongan dan harganya dalam dollar.
D-
M
B,
360
P = $100 – D
dengan catatan :
D = potongan penuh
M = jumlah hari sampai jatuh tempo
B = dasar potongan yang dinyatakan dalam presentase
P = harga dalam Dollar

Dampak Inflasi
Inflasi mengurangi nilai uang. Dan ini menyebabkan proses penanaman berupa kas yang dilakukan dengan cermat menjadi hal yang hakiki bagi kesehatan perusahaan. Penningkatan sistem manajemen kas akan mengurangi kas yang menganggur, akan tetapi begitu jumlahnya ditetapkan, ia bisa berfungsi sebagai perisai untuk menhalangi laju inflasi hanya bila ditanamkan dalam bentuk yang memadai. Selama periode uang ketat tidak ada perusahaan yang bisa merahasiakan kebutuhannya akan pinjaman bank untuk menutupi kekurangan dananya. Maka, seharusnyalah setiap perusahaan memiliki cadangan kas untuk keadaan darurat di masa depan.
Model-model Manajemen Kas
Yang pertama, persediaan dasar harus selalu siap di tangan untuk mengembangkan arus kas masuk dankeluar. Besarnya saham sangat tergantung pada pola arus kas, baik yang bisa maupun yang luar biasa. Kedua, karena berarti tambahan biaya untuk menghindari kerugian karena tidak cukupnya uang tunai untuk menutup kebutuhan. Yang ketiga, tambahan yang lebih banyak mungkin diperlukan untuk pertumbuhan di masa depan, jumlah ini dinamakan persediaan antisipasi. Sehubungan dengan persediaan antisipasi ini ada sejumlah pembelian yang optimum dan disebut jumlah pesanan ekonomis.

Model Miller-Orr
Seperti halnya kebanyakan model persediaan, hasil dari model Miller-Orr ini akan tergantung tidak hanya pada seberapa tepat prakiraan, tetapi juga pada seberapa cermat parameter diperkirakan. Biaya transfer terkadang susah diperkirakan. Dalam penelitian yang dilakukan, biaya pesanan terdiri dari unsur-unsur seperti (a)telepon interlokal 2 atau 4 kali ditambah dengan 15 menit sampai setengah jam waktu yang disita oleh manajer, (b) mengetik dan mengoreksi dengan teliti surat-surat otorisasi rangkap 4, (c) mengantarkan surat asli untuk ditandatangani oleh manajer keuangan, (d)  membawa surat-surat tembusannya ke kantor pembukuan dimana seluruh prosedur pembukuan ditaati.

Merencanakan Saldo Kas Harian
Model perhitungan seperti diatas memberikan petunjuk bahwa perusahaan harus mengubah portofolio surat berharganya menjadi rekening giro atau kas, apabila saldo kas perusahaan mencapai tingkat tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya

Manajemen Kas dalam Perusahaan Internasional
Manajer keuangan dari perseroan multinasional harus memperhatikan bentuk dan luas proteksi terhadap fluktuasi mata uang pada penjualan dan pembelian. Jika perusahaan ini mempunyai surplus kas, manajer keuangan harus membandingkan pengembalian dari investasi pada pasar uang domestik dengan yang diinvestasikan pada pasar internasional. Demikian pula, jika pendanaan jangka pendek perlu dinaikkan, manajer harus membandingkan antara sumber-sumber pendanaan domestik dan luar negeri.

8 komentar:

  1. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk akhir perayaan tahun? Pinjaman untuk ekspansi bisnis? Pinjaman untuk investasi baru? Pinjaman untuk melunasi utang jangka panjang dan tagihan. Cari lagi, Dianarobertloanfirm, dalam hubungannya dengan (PNC) grup jasa keuangan (PNC), menawarkan pinjaman berbunga rendah, non agunan. Kami di sini untuk menempatkan dan akhir, kemiskinan dan pengangguran, karena setiap orang memiliki / potensi sendiri. Hubungi kami hari ini dan Anda akan menjadi salah satu pelanggan kami yang terhormat. Email: info @ dianarobertloan@accountant.com.or dianarobertloanfirm @ gmail.com Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ,,.,KISAH NYATA , , , ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN)

      '

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  3. BERITA BAIK UNTUK SEMUA ORANG

    Nama saya Amisha dari bogor di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp500,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 24 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 24 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah FANCY LOAN COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Suzan bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp700.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang Anniesa Hasibuan perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Suzan email: (Suzaninvestment@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (Amisha1213@gmail.com), dan maria yang baru saja mendapat pinjaman dari suzan di: (maaria9925@gmail.com) dan Karina yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Suzan, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Suzan, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya:( Lukman.karina@yahoo.com).

    BalasHapus
  4. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  5. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  6. Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda.Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan karena alasan apapun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan keuangan Anda.Kami telah memberikan Miliaran (mata uang yang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis.Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tunjuk sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman segala jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk melunasi pinjaman Apakah Anda memiliki kredit macet? Apakah Anda butuh uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY
    tujuannya adalah untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: [islamicrefinancing@gmail.com]
    Whatsapp; +15716666386

    BalasHapus